Albert Einstein

Jika kamu mengenal Thomas Alfa Edison (penemu bolam lampu) dengan ribuan percobaannya, Albert Einstein adalah semacam kebalikan dari dia. Einstein lebih bayak ber-teori dari pada melakukan percobaan. Namun, telah banyak ilmuwan melakukan percobaan da membuktikan bahwa teori-teori yang dikemukakan Einstein benar.

Dimana Einstein Tumbuh?

Ia dilahirkan di Ulm, Jermat 14 Maret 1879. Ia tumbuh besar di Jerman, Italia dan Swiss. Einstein belajar geometri pada umur 12 tahun, masih terlalu muda bagi seorang anak untuk mampu memahami pelajara itu. Sekolah membosankan baginya, karena kemampuannya mengingat yang tak berujung. Ia sering membolos sekolah untuk belajar sendiri dan latihan biola. Jadi tidak benar kalau masa kecilnya tidak pintar, tapi malah sebaliknya, Ia sudah memperlihatkan kemampuan otaknya yang jenius. Ia lulus kuliah tahun 1900 dan mendapatkan gelar Ph.D nya tahun 1905. Tahun 1902 hingga 1907 ia bekerja di kantor hak Paten, Zurich,Swiss. Pekerjaannya itu memberinya banyak waktu untuk berpikir.

Apa yang Dipikirkan Einstein?

Einstein berpikir tentang aturan-aturan yang berlaku di dunia. Misalnya ia memikirkan kenapa benda kecil dalam cairan bergetar. Sebuah gerakan yang disebut gerak Brown. Dia menyatakan bahwa benda tersebut sedang menabrak partikel-partikel kecil yang dinamakan aton dan terlalu kecil untuk dapat dilihat.

Ia juga berpikir tentang cahaya dan listrik. Ia tahu cahaya yang bersinar dalam logam-logam terkadang menyebabkan adanya aliran listrik. Ia menyebut hal ini dengan efek fotolistrik, dimana cahaya terbentuk dari sekumpulan kecil energi yang disebut foton. Foton bergerak menabrak partikel logam, yakni elektron bergerak menjauh. Sejak arus listrik timbul karena perpindahan elektron, dengan mudah ia memahami efek fotolistrik. Pada tahun 1921, Einstein memenangkan penghargaan tertinggi di dunia ilmu pengetahuan, Nobel Award atas karyanya tentang hal ini.

Hal lain yang dipikirkan Einstein adalah tentang waktu. Ia berpikir bahwa waktu tidak selalu berjalan dengan tingkat/ kecepatan yang sama. Ia menyatakan bahwa kecepatan gerak mempengaruhi jalannya waktu. Pemikirannya ini dituangkannya dalam Teori Relativitas Spesial.

Einstein selanjutnya juga dikenal dengan teori umum relativitasnya. Ia menemukan teori pemikiran baru tentang gravitasi. Ia mampu menjelaskan bagaimana timbulnya gravitasi Bumi dan benda-benda angkasa lainnya serta hubungan antara benda langit yang saling mempengaruhi dengan gaya gravitasi masing-masing.

Einstein merubah sudut pandang fisika, bahwa ide-ide baru bisa muncul dari teori dan pemikiran.Sebelumnya sebagaian besar ide baru dalam fisika ditemukan melalui percobaan di laboratorium.

Eistein dan Energi Atom

Einstein juga menyatakan bahwa materi dan energi adalah hal yang sama. Ia merumuskannya dalam rumus yang terkenal, E=mc2. Menurutnya, energi (E) sebanding dengan perkalian antara massa (m) dan kecepatan cahaya (c2). Energi bisa dirubah menjadi materi dan sebaliknya materi bisa dirubah menjadi energi. perubahan materi menjaddi energi inilah yang selanjutnya diterapkan untuk membuat bom atom atau tenaga nuklir. Salah satu bentuk nyatanya adalah yang digunakan pihak Amerika Serikat untuk membom Hiroshima dan Nagasaki.

Tahun-tahun Berikutnya

Teori Einstein membuatnya jadi terkenal, meskipun hanya beberapa orang yang mampu memahaminya. Ia menjadi profesor dan direktur lembaga penelitian di sebuah institut fisika di Berlin, Jerman. Seiring berkembangnya NAZI pada tahun 1933 di Jerman, membuat Einstein harus pindah dan menetap di Amerika Serikat. Ia meninggal di Princeton, New Jersey, 18 April tahun 1955.

Ide hebat Einstein yang terakhir adalah, bahwa setiap energi di alam semesta adalah bagian dari satu energi utama. Para ilmuwan dan fisikawan hingga saat ini masih berusaha meneliti dan membuktikannya. Teori ini disebut TEORI SEGALA SESUATU.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s