Amelia Earhart

Pada tahun 1930-an, Pilot asal Amerika Serikat, Amelia Earhart memecahkan rekor kecepatan dan jarak penerbangan pesawat. Hari ini, Earhart dikenal sebagai pioner petualangan perjalanan jarak jauh dengan terbang di masa kini.

TAHUN-TAHUN AWAL

Earhart lahir di Atchison, Kansas, 1897. Dia bekerja sebagai perawat militer di Kanada selama Perang Dunia I  (1914 – 1918). Pada tahun 1920, Earhart pindah ke California dan mulai mengambil pelajaran menerbagkan pesawat. Ia membeli pesawat pertamanya saat umur 24 tahun.

Tahun 1928, 2 orang pilot Amerika mengajak Earhart menjadi penumpang dalam penjelajahan menyeberangi Samudra Atlantik. Perjalanan itu membuatnya terkenal. Dia menjadi wanita pertama di dunia yang menyeberangi Atlantik lewat udara. Ia merasakan tantangan penerbangan jarak jauh dan ingin merasakan lebih lagi.

PRESTASI PENERBANGAN

Tahun 1932 , Earhart menjadi wanita pertama yang terbang solo (sendirian) menyeberangi Atlantik. Ia melakukannya dalam waktu 13 jam dan 30 menit, sekaligus memecahkan rekor kecepatan. Prestasinya ini mendapatkan penghargaan spesial dari pemerintah Amerika Serikat dan Perancis.

lalu, pada 1935, Earhart menjadi wanita pertama yang terbag solo menyeberangi Samudra Pasifik. Ia lepas landas dari Honolulu, Hawaii dan mendarat di Oakland, California.

Earhart memecahkan rekor lain pada tahun 1935 dengan terbang dari Mexico City, Mexico menuju New York dengan rekor waktu 14 Jam dan 19 menit.

Earhart set another record in 1935 by flying from Mexico City, Mexico, to New York City in a record time of 14 hours and 19 minutes.

PERSIAPAN PENERBANGAN

Ia menghabiskan waktu sebulan untuk persiapan setiap penerbangannya. Semua komponen mekanik pesawatnya di uji coba. Ia menghitung dengan teliti berapa banyak bahan bakar da pelumas yang dibutuhkan dalam setiap penerbangannya. Ia memepersiapkan rencana beberapa jalur untuk berjaga-jaga jika bertemu dengan cuaca buruk.

BAGAIMANA RASANYA TERBANG?

Earhart memakai pakaian hangat karena di ketinggian kokpitnya akan menjadi sangat dingin. Yang terberat adalah melawan rasa lelah dalam penerbangan yang lama dan sendirian. Ia pernah menyatakan merasakan kelelahan hingga berhalusinasi seperti melihat daratan.

PENERBANGAN TERAKHIR

Juni 1937, Earhart merencanakan prestasi yang lebih besar lagi: terbang mengelilingi dunia. Ia dan navigatornya, Fred Noonan, lepas landas dari Miami,Florida, terbang ke arah timur. Tanggal 2 Juli, setelah menempuh separuh perjalanannya, pesawatnya lepas landas dari Papua Nu Gini di sebelah barat Samudra Pasifik da menuju ke Pulau Howland.

Tetapi di Samudra Pasifik, Pesawatnya menghilang. Pesawat dan kapal angkatan laut melakukan pencarian terhadap Earhart dan Noonan, tetapi tak ada jejak pesawatnya. Hingga hari ini, nasib Wanita emas Amerika Serikat itu masih menjadi misteri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s