Sinar X

Bayangkan kamu bisa melihat menembus kulitmu. Kamu bisa melihat tulang di dalam tubuhmu. Kamu bisa melihat makanan turun dari mulutmu setelah kamu menelannya. Bayangkan jika kamu bisa melihat isi koper orang lain tanpa membukanya. Apakah kedengarannya mustahi? Tidak jika kamu mengenal sinar X!

APA SIH SINAR X ITU?

Sinar X adalah cahaya yang sangat kuat dan tidak terlihat oleh mata manusa. Sinar itu dapat menembus benda-benda yang tak tembus cahaya. Sinar X biasanya digunakan untuk melihat sesuatu yang kita tak bisa melihatnya langsung.

BAGAIMANA SINAR X DITEMUKAN?

Sinar X ditemukan secara tak sengaja. Tahun 1895, Wilhelm Roentgen melakukan percobaan dengan listrik dalam wadah kedap udara di kotak kayu berwarna hitam. Ia menyadari layar yang diletakkannya dekat denga kotak itu bersinar ketika listrik dialirkan. Ia meneliti lebih lanjut dan menemukan bahwa ada cahaya yang tak terlihat yang membuat layar itu bersinar. Sinar itu mampu menembus benda gelap seperti kotak kayu. Ia menamai sinar yang ditemukannya, sinar X.

APA KEGUNAAN SINAR X?

Hanya beberapa tahun dari ditemukannya sinar X, dokter sudah mulai menggunakannya untuk menemukan peluru yang tertanam di tubuh pasien. Selanjutnya penggunaanya berlanjut untuk menemukan penyakit yang diderita dan jika ada tulang yang retak. Doktergigi juga menggunakannya untuk mengecek gigi pasiennya.

            

Alat untuk melihat gigi dengan sinar X

Sebuah alat dengan sinar X bernama CAT scaner mengitari tubuh orang yang diambil gambarnya secara 3 Dimensi (dari segala arah). Alat ini memberikan gambaran seluruh kondisi tubuh dengan jelas.

Ilmuwan yang meneliti bahan penyusun materi juga memanfaatkan sinar X ini.  Banyak zak kimia baru yang ditemukan dengan bantuan sinar X.

Bidang industri juga memanfaatkan sinar X, misalnya industri pesawat terbang memanfaatkannya untuk mendeteksi keretakan. Sinar X juga digunakan untuk mengecek apakah berlian atau benda seni asli atau palsu. Petugas perbatasan atau bea cukai memanfaatkan sinar X untuk melihat isi kontainer atau mobil box tanpa membukanya. Seperti yag dilakukan di bandara untuk melihat isi koper dari benda berbahaya.

SINAR X PARA DOKTER

Saat dokter menyinari sinar X ke tubuhmu, sinar itu menembus tubuh dan ditangkap oleh film khusus. Sinar X yang mengenai tulang, tak bisa menembus tulang, karena tulang bisa menyerap sinar X. Karenanya, sinar itu tak bisa ditangkap film. Dalam film tulang terlihat sebagai daerah yang terang.

Sinar X juga bisa berbahaya. Dokter menggunakan sinar X untuk membunuh sel yang berbhaya bagi manusia, seperti tumor kanker. Karenanya, pengambilan gambar organ tubuh juga dilakukan hanya jika diperlukan saja.

One thought on “Sinar X

  1. Pingback: Sinar X

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s