PENCAKAR LANGIT TERTINGGI

Pencakar langit (skyscraper) adalah bangunan gedung yang sangat tinggi, biasanya digunakan sebagai kantor, hotel atau apartemen. Salah satu yang tertinggi saat ini adalah gedung bernama Burj Khalifa, yang menjadi lokasi adegan dalam film Mission Impossible 4: Ghost Protocol.

Inilah 5 pencakar langit yang saat ini menempati posisi TOP FIVE:

(Daftar lebih lengkap buka di sini)

1. BURJ KHALIFA

Burj Khalifa (bahasa Arab untuk ‘Menara Khalifa’), sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

Rekor lain yang dimiliki bagunan ini adalah gedung dengan lift tercepat (60 km/jam) dan gedung dengan lantai terbanyak (160 lantai). Bayangkan jika kecepatan liftnya seperti lift yang ada di mall-mall di Indonesia, butuh lebih dari setengah jam untuk sampai di lantai teratas.

2. MENARA ABRAJ ALBAIT

Menara Abraj Al Bait adalah sebuah kompleks bangunan yang terletak di Kota Mekkah, Arab Saudi. Kompleks bangunan ini dirancang oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects dan pelaksanaan pembangunannya dilakukan oleh Saudi Binladin Group. Lokasi menara ini berada di seberang jalan Masjidil Haram, salah satu masjid suci umat Islam.

Abraj Al Bait dibangun untuk menampung para jamaah Haji yang semakin banyak datang ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Bisnis perhotelan yang semakin lama menjadi berkembang di kota ini juga tak terlepas dari banyaknya jamaah haji ini. Selain itu, Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang.

3. TAIPEI 101

Taipei 101 adalah pencakar langit setinggi 101 tingkat (509 meter) di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara ini menjadi gedung tertinggi ketiga di dunia.

4. SHANGHAI WORLD FINANCIAL CENTER

Shanghai World Financial Center adalah gedung pencakar langit di Shanghai, Cina. Gedung ini merupakan gedung yang terdiri dari kantor, hotel, ruangan konferensi, dek pengamatan dan mall. Tinggi total gedung pencakar langit ini adalah 492 m dan merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Shanghai .

5. INTERNATIONAL COMMERCE CENTRE

International Commerce Centre (ICC Tower) adalah gedung pencakar langit di Kowloon Barat, Hong Kong. ICC adalah bagian dari proyek Union Square yang dibangun di atas Stasuin Kowloon. Pembangunan ini dimiliki dan dikembangkan bersama oleh MTR Corporation Limited dan Sun Hung Kai Properties. ICC terdiri dari kantor, hotel, observasi, kantor, garasi parkir, dan ritel. Tinggi total gedung pencakar langit ini adalah 484 m (1,590 kaki) dan merupakan gedung pencakar langit tertinggi keempat di dunia menurut tinggi, gedung tertinggi kedua di dunia menurut lantai, serta bangunan tertinggi di Hong Kong.

Dikenal dalam pembangunan sebagai Union Square Phase 7, nama saat ini secara resmi diumumkan pada tahun 2005. International Commerce Centre dibangun pada tahap mulai dari tahun 2007 sampai 2010. Menara ini dibuka pada tahun 2011, dengan pembukaan Ritz-Carlton di akhir Maret dan observatorium di awal April.

Sun Hung Kai Properties juga mengembangkan, bersama dengan pengembang utama lain Hong Kong, Henderson Land, gedung pencakar langit tertinggi kedua di Hong Kong, 2 International Finance Centre, yang terletak tepat di seberang Pelabuhan Victoria di Central, Pulau Hong Kong.

Sumber: http://skyscrapercenter.com/List/Tallest-100-Buildings

One thought on “PENCAKAR LANGIT TERTINGGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s