5 Kelainan Paling Aneh

01 | Ketergantungan Wortel

Jurnal kesehatan di Inggris Raya pernah mengeluarkan publikasi tentang hal ini. Seorang pria tua berusia 40-an tahun tidak bisa meninggalkan kebiasaannya mengunyah wortel. Setiap hari ia menghabis kan setidaknya 5 batang wortel. Awalnya kebiasaan itu dilakukan untuk berhenti dari kecanduan merokok. Penelitian lebih lanjut menyimpulkan bahwa kandungan beta caroten pada wortel adalah penyebabnya.

Jurnal resmi yang bisa saya temukan yang mendukung fakta tersebut bisa kamu lihat di sini.

02| Pemakan Logam

Di Indonesia pernah ada berita tentang anak-anak dengan kelainan memakan benda-benda berbahaya seperti obat nyamuk bakar, sabun mandi atau batu bata. Ada lagi satu kelainan berhubungan dengan makan dan jelas-jelas berbahaya, yakni kebiasaan makan logam.

Seorang pria Inggris, Allison Johnson, pencuri yang berulang kali keluar masuk penjara. Ia harus menjalani 30 kali operasi untuk membersihkan logam di perutnya. Dalam perutnya ditemukan 8 buah garpu dan logam-logam lain berbahan perak. Diketahui, kebiasaannya itu karena kelainan mental yang dideritanya. Seringkali setelah bebas dari penjara dia masuk ke sebuah restoran lalu memesan banyak makanan. Setelah itu ia mengaku pada pemilik restoran bahwa ia tak punya uang dan menyuruhnya memanggil polisi. Ia makan dengan tenang sampai polisi menangkapnya dan lagi-lagi memasukkannya ke penjara.

Kasus lain yang saya temukan ada di situs BBC, di sini. Seorang pria di Ethiopia mengeluh sakit perut dan menjalani pemeriksaan. Diketahui terdapat benda aneh di perutnya dan dokter mulai mengoperasi. Setelah operasi, terkumpul 222 benda logam dengan berat 750 gram yang diambil dari perut pria itu. Sebagian besar logam tersebut adalah paku, bahkan ada yang panjangnya sampai 15 cm. Setelah pemeriksaan psikologi, pria ini juga diketahui mengalami gangguan mental.

03| Sindrom Tangan Alien

Nama lain dari kelainan ini adalah Dr. Strangelove Syndrom. Penderita sindrom ini memiliki tangan yang bergerak semaunya sendiri, makanya disebut “tangan alien”. Kasus ringan yang terjadi sangat merepotkan penderita. Misalnya saat memakai baju, tangan yang satu mengancingkan baju sementara “tangan alien” yang satunya melepasnya. Pada beberapa kasus ditemukan “tangan alien” ini menyakiti pemiliknya dengan memukul, menampar atau mencakar. Bahkan pernah ditemukan tangannya berniat mencekik pemiliknya sendiri.

Fakta ilmiah kelainan ini bisa kamu temukan di sini.

04| Manusia Listrik

Menurut paranormal Hilary Evans, ada sebagian manusia yang mampu mengeluarkan energi listrik seperti yang dimiliki belut listrik. Kasus paling awal terjadi pada 1786, Angelique Cottin (14 tahun) mampu membuat jarum kompas berputar-putar tak tentu dengan induksi listrik dari tubuhnya. Untuk menyelidiki fenomena ini lebih jauh, Hillary Evans mendirikan komunitas SLIDE (Street lamp Interference Data Exchane).

Artikel terkait fakta ini bisa kamu dapatkan di sini.

05| Sindrom Perubahan Logat

Istilah kerennya “foreign accent syndrome” yaitu perubahan logat bicara secara tiba-tiba. Hingga saat ini ada sekitar 50 kasus dan belum ditemukan penyebab pastinya. Salah satu contohnya adalah yang dialami Judi Roberts (50 tahun), warga Indiana, Amerika Serikat. Setelah pulih dari serangan stroke, aksen bahasa Inggrisnya tidak lagi berlogat Amerika tetapi berlogat Inggris yang kental. Padahal ia belum pernah ke Inggris atau menyaksikan film-film berlogat Inggris.

Perubahan logat, seperti orang jawa yang medok menjadi berlogat ala Betawi memang biasa terjadi. tetapi prosesnya lama, misal karena ia tinggal di Jakarta selama bertahun-tahun. Tetapi pada foreign accent syndrome, perubahan logat terjadi dengan cepat dan biasanya diawali dengan serangan penyakit/ luka pada saraf/ otak di kepala. Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Foreign_accent_syndrome

2 thoughts on “5 Kelainan Paling Aneh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s