50 Fakta Tentang Harimau

  1. Harimau memiliki pupil mata bundar, tidak seperti jenis kucing lainnya. Karena kucing lainnya adalah hewan nokturnal (aktif di malam hari), sedangkan harimau aktif berburu pasa pagi da sore hari.
  2. Meskipun matanya tidak beradaptasi sebagai hewan nokturnal, penglihatan harimau 5 kali lebih baik dibandingkan dengan manusia.
  3. Harimau biasanya matanya berwarna kuning, tetapi harimau berbulu putih memiliki mata berwarna biru.
  4. Harimau biasanya mengores pohon dengan kukunya dan menggunakan air kencingnya untuk menandai wilayah kekuasaannya.
  5. Harimau bisa mengetahui umur, jenis kelamin dan masa subur harimau lainnya dengan mencium bau urin (air kencing) harimau lainnya.
  6. Wilayah kekuasaan harimau jantan lebih luas daripada wilayah harimau betina sehingga wilayah mereka bisa overlap (1 wilayah dikuasai 2 harimau), karena itu harimau jantan dan betina bisa bertemu dan menjadi pasangan. Wilayah hari mau jantang tidak mungkin overlap dengan hari mau jantan lainnya, begitu juga wilayah harimau betina tidak mungkin overlap dengan harimau betina lainnya.
  7. Harimau tidak mengaum untuk menakut-nakuti binatang lainnya, tetapi untuk berkomunikasi dengan harimau lain yang jauh darinya. Saat berburu, harimau akan bernapas dengan pelan agar tidak terdengar binatang buruannya.
  8. Saat mendapat binatang buruan, harimau jantan biasanya menunggu betinanya datang dan mempersilahkan makan lebih dulu. Harimau jarang sekali berkelahi untuk berebut makanan.
  9. Pola garis pada tubuh harimau unik dan berbeda-beda, mirip dengan sidik jari mausia.
  10. Pola garis pada kening harimau mirip dengan huruf Cina yang artinya “raja”.
  11. Seperti kucing rumahan, pola garis pada tubuh harimau juga ada pada kulitnya. Jadi, jika bulunya dicukur, pola garisnya tetap terlihat.
  12. Harimau suka berenang, ketika masih kecil mereka suka bermain air. Pada harimau dewasa sering ditemukan yang menyeberangi sungai dengan berenang. Bahkan mereka mampu berenang sampai 30 km tiap hari.
  13. Harimau adalah jenis kucing terbesar dengan ukuran yang bervariasi. Yang terbesar adalah harimau siberia, panjangnya mencapai 3,5 m dengan berat sampai 300 kg. Sedangkan yang terkecil adalah harimau sumatra dengan panjang maksimal 2 m dan berat 100 kg.
  14. Masa subur harimau haya 4 – 5 hari dalam satu tahun.
  15. Bayi hari mau buta sampai berumur 1 minggu. Kebanyakan dari mereka tidak bisa bertahan hidup sampai dewasa.
  16. Penis (alat kelami laki-laki) harimau tidak bisa menegang seperti pada hewan lainnya atau pada manusia.
  17. Harimau suka menyerang buruan besar dengan menyergap dari belakang. Jarang sekali harimau menyerang buruan besar dari depan. Di India, ada suatu suku yang mengenakan topeng di belakang kepalanya untuk membuat harimau salah sangka dan tidak jadi menyerang.
  18. Harimau biasanya tidak melihat manusia sebagai binatang buruan, Mereka hanya menyerag manusia jika merasa terancam. Kasus harimau menyerang manusia biasanya terjadi di daerah yang populasi burua harimau semakin kecil atau habitat harimau yang terganggu.
  19. Ada kelompok kecil harimau yang karena suatu sebab menjadi pemburu manusia. Mereka terbiasa mencium bau tubuh manusia dan lebih memilih memburu manusia. Kelompok ini diketahui sudah membunuh ratusan manusa.
  20. Karena cara berburu menyergapnya, harimau jarang berburu dengan masuk ke pemukiman manusia. Mereka menunggu di sekitar pemukiman jika ada orang yang berjalan sendirian atau berburu di malam hari saat penglihatan manusia berkurang.
  21. Harimau tidak bisa tersenyum, mereka memejamka matanya saat merasa bahagia.
  22. Harimau mampu berlari dengan kecepatan 60 km/jam.
  23. Harimau mampu melompat sejauh 6 meter dan setinggi 5 meter. Otot kaki mereka sangat kuat sehingga mereka bisa tetap berdiri meskipun sudah mati.
  24. Hanya 1 dari 10 perburuan harimau yang sukses. Jadi mereka terbiasa tidak dapat makanan selama berhari-hari dan sekali makan bisa menghabiskan 30 kg.
  25. Meskipun harimau bisa menahan lapar selama berhari-hari, mereka adalah hewan yang paling tidak kuat menahan lapar dalam jangka waktu tersingkat dibandingkan hewan lain berdasarkan besarnya ukuran. Harimau akan mati kelaparan jika tidak makan selama 2-3 minggu sementara manusia bisa bertahan selama 30 – 40 hari.
  26. Harimau diketahui bisa menirukan suara hewan lain untuk memancing binatang buruannya.
  27. Beruang adalah saingan berburu harimau. Harimau kadang menirukan suara binatang buruan beruang untuk memancing beruang agar bisa diterkamnya.
  28. Harimau membunuh buruannya dengan merobek leher atau dada agar buruannya kehabisan darah.
  29. Senjata utama berburu harimau adalah taring 10 cm nya. tetapi kadang mereka juga menggunakan cakar kuatnya. Cakartungkai depan harimau mempu menghancurkan tulang tengkorak beruang.
  30. Gigitan dan cakar harimau sangat kuat, sehingga mereka mampu menghancurkan tulang leher binatang buruannya hanya dengan sekali pukul.
  31. Harimau mampu beradaptasi dalam berburu. Saat menghadapi buaya, mereka tidak akan menyerang lehernya, karena mreka tahu leher buaya dilindungi oleh sisik yang kuat. Mereka menyerang mata buaya dan berusaha membalikkan tubuh buaya untuk mencabik bagian perut yang lebih lunak.
  32. Ludah harimau mengandung zat antiseptik. Mereka akan menjilati bagian tubuh yang terluka sebagai pengobatan alami.
  33. Permukaan lidah bagian atas harimau memiliki tonjolan-tonjolan lembut berbulu yang berfungsi untuk menyisir bulu-bulunya ketika mandi.
  34. Karena permukaan lidah bagian atasnya berbulu, harimau memiliki cara minum yang berbeda dengan hewan lain. Mereka menggulung lidahnya dan menggunakan bagia belakan lidahnya untuk mengalirkan air ke dalam mulutnya.
  35. Kini tinggal 6 sub spesies harimau di dunia: harimau Siberia (Panthera tigris altaic a), harimau Cina Selatan (Panthera tigris amoyensis), harimau Indocina (Panthera tigris corbetti), harimau Melayu (Panthera tigris jacksoni), harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae), dan harimau Bengal (Panthera tigris tigris).
  36. Ada 3 subspesies harimau yang telah punah. Harimau Bali (Panthera tigris balica) yang punah karena diburu dengan alasan dipercaya sebagai setan oleh masyarakat Bali. Harimau Jawa (Panthera tigris sondaeca) yang punah karena habitatnya habis dimafaatkan mausia untuk perkebunan kopi dan karet. Harimau Kaspia (Panthera tigris virgata) yang punah karena perburuan yang berlebihan dan semakin sedikitnya binatang buruan.
  37. Di CIna, orang berburu harimau untuk membuat obat tradisional. Kini perburuan harimau di sana adalah ilegal dan dapat diancam dengan hukuman mati.
  38. Di dunia modern, bagian tubuh harimau dikenal dengan mitosnya sebagai aphrodisiac (obat kuat nafsu birahi). Padahal di masa lalu sebenarnya bagian tubuh harimau digunakan untuk pengobatan tradisional menangani arthritis (pengapuran sendi) da masalah pencernaan.
  39. Hingga sekarang masih ada perburuan harimau untuk tujua pengobatan tradisional di Asia Tenggara, khususnya Laos dan Kamboja.
  40. Variasi warna bulu harimau yang sering muncul adalah kuning emas, hitam dan putih. Meskipun belum terbukti ilmiah, ada laporan ditemukan harimau berkulit biru. Menurut teori genetikan sederhana, hal ini bisa saja terjadi.
  41. Jangka usia kehidupan harimau rata-tata sampai berumur 25 tahun.
  42. Ingatan kucing lebih kat dibandingkan hewan lain, ratusan kali lebih kuat daripada anjing dan puluhan kali lebih kuat dibandingkan primata. Ingatan jangka pendek harimau 30 kali lebih kuat dibandingkan manusia.
  43. Otak harimau mencapai 300 gram, lebih besar dibandingkan karnivora lainnya kecuali beruang. Ukuran itu sebanding dengan simpanse yang terkenal cerdas.
  44. Diperkirakan hanya ada 3.500 ekor harimau yang hidup di alam bebas, dan lebih banyak lagi yag hidup dipenangkaran.
  45. Harimau adalah hewan penyendiri, hanya ditemukan berkelompok jika akan berburu hewan besar atau kelompok induk betuna dengan anak-anaknya.
  46. Harimau mengaum dan mengumpulkan kawanannya jika berencana menyergap buruan besar.
  47. Penglihatan harimauberwarna seperti penglihatan manusia.
  48. Harimau dan singa dapat berpasangan dan menghasilkan keturunan (hybrid). Singa jantan dan harimau betina menghasilkan keturunan “liger” (lion + tiger). Sedangkan singa betina dan harimau jantan menhasilkan keturunan “tiglon” yang bertubuh lebih kecil.
  49. Liger dapat berukuran hingga 4 meter dan ia lah kucing terbesar di bumi.
  50. Di alam bebas, harimau juga pernah ditemukan melakukan persilangan alami dengan jenis kucing lainnya, misalnya dangan leophard.

aphrodisiacs

2 thoughts on “50 Fakta Tentang Harimau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s